KEBIJAKAN PEMBANGUNAN




Arah Kebijakan Pembangunan Desa
     Pembangunan di desa Kendalpayak untuk 5 ( lima ) tahun ke depan dititik beratkan dari prioritas kebutuhan masyarakat yang telah dilakukan mulai dari penggalian gagasan sampai dengan tersusunnya urutan prioritas usulan di dalam Musyawarah Desa Perencanaan bersamaan dengan Musrenbangdes. Selain itu mengacu pada dokumen RPjMDes.

Potensi dan Masalah
     Potensi yang ada di desa Kendalpayak dilihat dari sudut sumber daya alam (SDM) dan sumber daya manusia (SDM), antara lain : SDA (bidang pertanian, peternakan, perikanan, industri rumah tangga ) dan SDA (pengangguran, siklus dan ritme kehidupan warga masyarakat yang dari masa ke masa relatif teratur dan terjaga adatnya, perangkat, besarnya penduduk usia produktif disertai etos kerja masyarakat yang tinggi, cukup tingginya partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan monev pembangunan desa, tradisi gotong royong dan kerja bakti masyarakat dan sumber daya perempuan usia produktif,, swadaya, kebiasaan bertani, kader kesehatan dan penduduk yang bisa membuat mebel). Sedangkan masalah yang di desa Kendalpayak adalah yang utama pengangguran, hasil pertanian, perikanan, peternakan rendah). Dengan melihat potensi dan permasalahan yang maka dapat ditarik kesimpulan bahwa belum maksimalnya potensi di desa Kendalpayak sehingga masih banyak rakyat miskin.

Program Pembangunan Desa
     Prioritas pertama di Desa Kendalpayak lebih difokuskan pada peningkatan ekonomi dengan memperbaiki pola tanam pertanian, mengatasi kelangkaan pupuk dengan menggunakan pupuk organik, penambahan modal usaha melalui koperasi atau UKM dan pembagian ternak gratis serta mengoptimalkan sumber daya alam yang ada. Untuk memperlancar perekonomian dengan membangun sarana prasarana (perbaikan akses jalan menuju lahan pertanian dan  penyuluhan) yang berorientasi peningkatan pendapatan masyarakat. Selain itu untuk peningkatan pelayanan kesehatan dengan cara : pembangunan polindes, peningkatan ibu dan anak serta lansia, untuk mencegah wabah demam berdarah dengan foging, perbaikan sarana MCK dan penyediaan air bersih melalui).

Strategi Pencapaian
     Dalam merencanakan suatu pembangunan baik di tingkat pusat sampai di tingkat desa membutuhkan suatu perencanaan yang matang dengan menggunakan strategi yang bisa dikembangkan ke arah pembangunan yang lebih baik terutama mengenai pembangunan mental masyarakat yang masih berpandangan kerdil akan pembangunan di desa. Strategi yang dilakukan membutuhkan indikator guna mencapai sasaran program secara maksimal, kebijakan yang diambil harus berwawasan untuk kebutuhan orang banyak dan perlu direncanakan secara matang dan berkesinambungan.


Responses

0 Respones to "KEBIJAKAN PEMBANGUNAN"

Poskan Komentar

 
Return to top of page © Desa Kendalpayak